Tema dan Ayat Tahun 2012

TEMA :

MENJADI GEREJA YANG BERTUMBUH BERSAMA MASYARAKAT

Ayat Tahun 2012

Yesus Kristus berkata : " Kekuatan saya dibuat sempurna dalam kelemahan ".









Rabu, 12 Desember 2012

Tema Natal 2012 dan tahun Baru 2013


PENJELASAN TEMA DAN SUB TEMA NATAL 2012

 

 

Thema          :  ”Menjadi Gereja yang bertumbuh bersama Masyarakat”

Sub Thema  :  “Bangkitlah, menjadi teranglah sebab terangmu datang, dan kemuliaan Tuhan terbit atasmu”. (Yesaya 60:1).

 

Memasuki bulan Desember, berbagai perasaan muncul.Terkadang kita tersentak, satu tahun hampir terlewati. Seiring dengan itu kita juga bertanya bagaimana dengan tahun yang akan datang?Kita lupakan sejenak bayang-bayang yang menghantui pikiran kita, dan mari kita mempersiapkan diri untuk menyambut dan merayakan Natal. Apa sesungguhnya yang terjadi dalam peristiwa Natal? Peristiwa kelahiran? Jika hanya kelahiran yang kita rayakan, maka Natal tidak akan menjadi  istimewa. Natal bukan sekedar perayaan kelahiran, tetapi munculnya sebuah harapan baru.Karena itu dalam perayaan Natal tahun ini, kami bersama tim mengutip Firman Tuhan dari Yesaya 60:1 menjadi sub Thema Natal.

Dalam pasal-pasal terakhir dari kitab Yesaya, ditulis selama tahun-tahun akhir hidup Yesaya. Allah menyatakan nubuat nubuat ini supaya memberikan pengharapan dan penghiburan kepada umatNya selama mereka tertawan di Babel selama 150 tahun. Khusus dalam pasal 60 menubuatkan bahwa kedatangan Mesias, kemuliaan Tuhan akan datang diantara umatNya dan banyak bangsa akan datang kepada terang itu (Band. Matius 4:16-17).

 “Bangkitlah!”.Kata seru ini mengandung banyak makna.Bukan hanya bangkit secara fisik, tetapi juga bangkit secara rohani.Kepada mereka yang terpuruk dalam bidang ekonomi, kepada jiwa yang letih lesu, kepada bangsa yang terjajah, kepada mereka yang hidup dalam kesusahan dan lain sebagainya, kepada mereka diajak untuk menatap dan berharap akan pertolongan yang  datangnya dari Tuhan

Menjadi teranglah! Ketika kami mencari belut di sawah dengan penerangan petromak, setiap kali nyala petromak pudar, kami memompanya, sehingga cahaya semakin terang. Tetapi ketika minyak didalam petromak habis, kami tidak bisa lagi memompanya, petromak itu mati dengan sendirinya. Menjadi teranglah!.Tuhan Yesus bersabda:…. Kamu adalah garam dan terang dunia..” Identitas yang sangat jelas. Namun karna berbagai tantangan hidup yang dihadapi, nyala hidup kita sering pudar, bahkan hampir padam.Kita diingatkan akan identitas kita yang adalah terang. Dan terang Tuhan telah ada dalam diri kita yakni Tuhan Yesus Kristus yang adalah terang itu sendiri.

Mengapa Tuhan mengajak kita untuk bangkit dan menjadi terang?

Terangmu datang; sumber terang itu bukanlah kita, melainkan Kristus itu sendiri.Kristuslah terang kita.Karena itu jangan sampai kita melepaskan diri dari Sang Terang itu. Karena jika hal itu terjadi maka gelaplah kehidupan kita.

Kemuliaan Tuhan terbit atasmu.Orang-orang percaya memiliki keunikan.Dikatakan bahwa kemuliaan Tuhan terbit atasmu. Dari kehidupan orang –orang percaya nama Tuhan akan diagungkan. Kalimat ini jangan diartikan bahwa kehidupan orang-orang percaya akan senatiasa mulus, tanpa ada masalah, tidak. Tetapi maknanya adalah bahwa walaupun ada persoalan, tantangan dalam kehidupan ini, bagi orang-orang percaya hal itu adalah kesempatan emas untuk mengalami pertumbuhan iman. Yang penting adalah hasil akhirnya, bahwa kemuliaan Tuhan akan terbit atas kehidupan setiap orang yang percaya.

Aplikasi dalam merayakan Natal.Merayakan Natal terkadang gampang-gampang susah. Gampang  jika kita hanya terfocus pada ritual perayaan saja.Tetapi bagaimana dengan actualisasi dari perayaan tersebut?Adakah perayaan Natal yang kita selenggerakan berdampak pada masyarakat dimana jemaat kita berada? Ketika Tuhan Yesus memperhatikan cara kita merayakan  natalNya, jangan-jangan Tuhan sendiri  heran dan bertanya, apa hubungan perayaan  natal ini dengan Aku?, karena  perayaan itu hanya menyenangkan diri kita sendiri, dan tidak ada dampaknya pada masyarakat di sekitar kita.Sedangkan Kehadiran Tuhan Yesus dimanapun selalu untuk kebaikan  banyak orang.

Aplikasi dalam merayakan/memasuki tahun baru 2013. Apapun prediksi/ramalan orang terhadap tahun 2013 jangan sampai semuanya itu mempengaruhi iman kita dalam memasuki tahun 2013. Yakinlah bahwa terang Tuhan telah terbit atas kita umatnya, jangan pernah kita ragu atau kuatir dalam menjalankan hidup di tahun 2013.

Kemanapun Tuhan utus kita, kita diajak untuk tetap menjadi terang, karena itulah identitas kita sebagai umat Tuhan.

Simbol; untuk natal kami tidak menyiapkan symbol lain selain symbol yang sudah pasti ada yakni Pohon natal dengan segala dekorasinya, kandang sebagai symbol kesederhanaan kehadiran Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar