Tema dan Ayat Tahun 2012

TEMA :

MENJADI GEREJA YANG BERTUMBUH BERSAMA MASYARAKAT

Ayat Tahun 2012

Yesus Kristus berkata : " Kekuatan saya dibuat sempurna dalam kelemahan ".









Jumat, 23 Maret 2012

Bahan PA Persekutuan Kaum Bapak

PA. UNTUK KAUM BAPAK

Selasa, 3 April 2012



Sub Tema:

Dengan Penuh Ketaatan Memberitakan Kuasa Kasih Kristus Dalam Jiwa Persekutuan..

                                                                            

ORANG-ORANG UPAHAN DI KEBUN ANGGUR”



Bacaan Alkitab: I Petrus 2 : 1 – 5



1.             PENGANTAR

Surat Petrus ini ditulis oleh Rasul Petrus sendiri ditujukan kepada orang-orang pilihan Kritus yang tersebar di luar bangsa Yahudi (orang-orang percaya dari latar belakang Kafir). Tujuannya memberikan bimbingan praktis kepada mereka agar dalam menghadapi penganiayaan yang terjadi mereka tidak panik melainkan mengikuti teladan Kristus yang menderita bahkan sampai mati disalib walaupun Ia benar tidak bersalah dan berdosa. Sebagai orang-orang percaya yang telah dipilih dan dikuduskan dengan percikan darah Kristus ( I Petrus 1 : 1-2), mereka bagaikan bayi-bayi yang bertumbuh memerlukan susu murni yaitu Firman Allah ( I Petrus 2: 2-3). Mereka menjadi batu-batu hidup yang sedang dibangun untuk menjadi suatu rumah rohani (ayat 4- 10).



Walaupun telah disucikan dengan percikan darah Kristus, tetapi masih banyak hal yang menghambat orang percaya untuk merindukan air susu yang murni dan yang menghambat utuk dipersekutukan dengan Kritus menjadi suatu rumah rohani (“Bait Allah”) yang kudus. Hal- hal tersebut antara lain: segala kejahatan, segala tipu muslihat (kelicikan), segala macam kemunafikan, kedengkian dan fitnah (ayat 1). Semuanya ini harus dibuang. Kata dibuang mengandung pengertian ditinggalkan di tempat sampah, tidak boleh diingat-ingat dan dicari lagi. Ibarat sampah yang dibuang dan dilupakan untuk selamanya. Beda dengan kata ditinggalkan. Kalau ditinggalkan ada kesempatan untuk mengingat dan mencari lagi. Dibuang, ditinggalkan dan  dilupakan sama sekali.



2.         PENDALAMAN

1.      Coba saudara ceriterakan gambaran orang-orang percaya bagaikan bayi yang baru lahir merindukan air susu murni dan bagaikan batu-batu untuk pembangunan rumah rohani!

2.      Gambaran pertama adalah soal pertumbuhan, kedua adalah funsi orang-orang percaya sebagai batu-batu hidup. Kedua hal ini penting. Jelaskan pendapat saudara terkait dengan sub tema Pekan Paskah di atas!,yakni dalam hal pertumbuhan dan fungsi/ tugas orang-orang percaya pada masa kini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar