Tema dan Ayat Tahun 2012

TEMA :

MENJADI GEREJA YANG BERTUMBUH BERSAMA MASYARAKAT

Ayat Tahun 2012

Yesus Kristus berkata : " Kekuatan saya dibuat sempurna dalam kelemahan ".









Selasa, 06 Maret 2012

Malaysia

Tema:

“BIARKAN KEADILAN MENANG”

ListenRead phonetically

LATAR BELAKANG INFORMASI MALAYSIA



PENDAHULUAN

Malaysia adalah satu bangsa yang beragam, ras budaya dan agamanya. Ada kota-kota modern, di antaranya Kuala Lumpur yang terus bertumbuh keluar dan ke atas. Ini adalah kontras yang tajam dengan resor yang indah, kota-kota bersejarah seperti Melaka dan Penang, resor bukit kolonial, rumah panjang di Sabah & Sarawak, dan hamparan hutan yang mencakup sekitar 70% dari luas tanah. Sebagian dari hutan lebat ini masih belum dijelajahi karena masih tidak terjangkau. Malaysia juga merupakan tanah persawahan, karet dan perkebunan kelapa sawit, pemukiman terdapat di tepi sungai dan pantai laut, dan kondominium bertingkat.


Malaysia, yang terletak di Asia Tenggara terdapat di utara khatulistiwa. Ini terdiri dari dua bagian - Semenanjung Malaysia (Malaysia Barat) dan Malaysia Timur terdiri dari Sabah dan Sarawak (Kalimantan Utara). Semenanjung Malaysia bergabung ke Asia daratan oleh tanah genting (isthmus) sempit - Tanah Genting Kra. Thailand terletak di utara Semenanjung Malaysia sedangkan pulau Singapura terletak di ujung selatan. Laut Cina Selatan (600km - 370 mil) memisahkan Semenanjung Malaysia dari Malaysia Timur. Dua bagian Malaysia meliputi luas lahan total 127.284 mil persegi (329.750 km). Nama Malaysia berasal dari nama Malaya yang berasal dari nama ras dominan Melayu, dan masih dari abad ketujuh Kerajaan Melayu di Sumatera.


Malaysia terdiri dari 13 negara dan 3 Wilayah Federal yang meliputi hampir 132.000 km persegi. Malaysia Barat terdiri dari 11 negara - Johor, Kedah, Kelantan, Melaka (sebelumnya dikenal sebagai Malaka), Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Penang, Selangor, Terengganu dan Wilayah Federal Kuala Lumpur & Putra Jaya. Sarawak dan Sabah di Malaysia Timur adalah dua negara terbesar mencakup luas lahan sekitar 200.000 km persegi.
Labuan adalah Wilayah Federal lainnya.

. . . .

AGAMA
Malaysia adalah negeri yang beragam agama. Agama asli tertua negara adalah animisme. Orang Asli dan beberapa kelompok suku di Sabah dan Sarawak adalah animis atau begitulah keadaannya sampai saat ini. Hindu, Budha dan Islam mencapai Malaysia dari India dan China melalui para pedagang dan pelancong yang singgah di Semenanjung Malaysia selama musim hujan. Islam adalah agama resmi. Banyak Cina Malaysia menganut agama-agama tradisional mereka seperti Buddhisme, Taoisme dan Konfusianisme.


Gereja Kristen pertama di Malaysia dibangun oleh Portugis di Melaka setelah 1511. Banyak misionaris Kristen tiba di akhir abad 19. Ketika Belanda mengambil alih Melaka pada 1641, mereka mengganti nama Portuguese Chatedral menjadi St Paul's Cathedral. Belanda membangun The Dutch Reformed Church pada tahun 1753 - sebuah bangunan berwarna merah darah dibangun dalam gaya Northern Renaissance. Orang-orang Anglikan menguasai gereja ini, dan dikuduskan sebagai Christ Church pada tahun 1858. Kemudian gereja-gereja dibangun di Penang, Singapura, dan ini melayani komunitas pedagang asing. Pada awal abad ke 19, kegiatan besar misionaris di Sarawak dan Sabah dan para misionaris berkonsentrasi pada suku animis. Sekarang ini, Sabah dan Sarawak memiliki komunitas Kristen yang signifikan.


GEREJA
Sekitar 7% dari Malaysia adalah Kristen. Denominasi Kristen utama adalah Katolik Roma (kelompok terbesar), Anglikan, Methodist, Lutheran, Presbiterian, Marthoma dan Ortodoks Suriah dan kelompok Pentakosta. Ketika Portugis menaklukkan Melaka pada tahun 1511, orang-orang Kristen mula-mula, Katolik Roma masuk  Borneo Church Mission didirikan pada tahun 1857 di Sarawak. Basil Mission Society tiba di Sabah ya pada tahun 1900. The Assembly of God Missionaries menjejakkan kaki di Malaysia pada 1934 dan Baptist pada tahun 1938.

Pada tahun 1948 dibentuklah Dewan Gereja-gereja di Malaysia (CCM), sebuah badan oikumenis yang terdiri dari denominasi utama dan anggota asosiasi. Ini adalah Organisasi Nasional Gereja tertua di negeri ini. CCM dalam semangat dialog dan goodwill berinteraksi dalam hubungan kritis antara gereja dan ymbol. The Women’s Work Committee berada di bawah CCM. Komite inilah yang menyelenggarakan Hari Doa Sedunia.

Pada tahun 1978 National Evangelical Christian Fellowship (NECF) dibentuk yang terdiri dari gereja-gereja Injili, Independen dan gereja-gereja AOG.

Pada tahun 1985, badan oikumenis utama Federasi Kristen Malaysia yang mewakili semua kelompok Kristen – CCM, Katolik Roma dan NECF dibentuk. CFM adalah badan yang berhubungan dengan Pemerintah mengenai isu-isu politik yang mempengaruhi iman Kristen. Di Malaysia para rohaniwan, termasuk Uskup pada umumnya adalah dari penduduk setempat.


Disini perlu disebutkan Malaysia Care (Malaysian Christian Association for Relief) yang didirikan pada tahun 1978. Ini adalah lembaga Kristen non-profit yang menyediakan pelayanan kepedulian ymbol kepada orang miskin dan yang membutuhkan termasuk tahanan, kasus narkoba dan HIV.  Dan lain-lain


HAL-HAL PENTING

     Bahasa resmi di Malaysia adalah Bahasa Malaysia. Ini adalah bahasa yang terdengar di Radio, TV dan diajarkan di sekolah. Bahasa Cina memiliki berbagai dialek-Kanton, Hakka, Hokkien dll Orang-orang India juga memiliki kelompok bahasa mereka. Tamil, Malayalam, Telugu, Punjabi, Hindi & Urdu



     Bendera Malaysia dikenal sebagai “Jalur Gemilang” memiliki 14 garis merah dan putih horizontal dengan persegi panjang biru di sudut tepi atas bantalan hoist bulan sabit dan bintang kuning – ymbol tradisional Islam . . . .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar